2015/05/02

Venue Balap Sepeda Nomor BMX Diusulkan di Ciamis

Dalam rapat koordinasi PB PON XIX/2016 Jabar di Sekretariat PB PON di Gedung Sate muncul kabar bahwa venue untuk cabang olahraga sepeda BMX digelar di Kabupaten Ciamis. 

“Ada usulan dari KONI kalau cabang olahraga balap sepeda nomor BMX akan digelar di Ciamis. Bupatinya pun sudah siap menganggarkan untuk venue balap sepeda,” ungkap Plh Sekda Jabar Iwa Karniwa usai rapat, Kamis (30/4/2015).

Rencana awal, cabang olahraga balap sepeda nomor BMX akan digelar di Cisangkan, Kota Cimahi, berdekatan dengan nomor trek atau velodrom. Bahkan Pemprov Jabar pun sudah mengalokasikan dana untuk rehabilitasi venue tersebut. 

“Jadi diusulkan dua tempat, yakni Cimahi dan Ciamis. Yang di Cimahi tetap akan direhabilitasi,” tuturnya.

Kabupaten Ciamis diusulkan menjadi salah satu venue cabang olahraga balap sepeda nomor BMX karena kabupaten itu paling banyak menyumbang atlet sepeda. Bahkan Ciamis punya sejarah olahraga sepeda.

Salah satu legenda hidup di cabang olahraga balap sepeda pun berasal dari Kabupaten Ciamis yakni Tonton Susanto. Tak hanya itu, Ciamis pun telah berhasil melahirkan atlet-atlet balap sepeda handal yang selalu menjadi andalan tim Jawa Barat maupun tim nasional Indonesia. Diantaranya, Bandi Sugito dan Kusmawati Yazid yang tidak pernah absen menyumbang medali emas di nomor Cross Country.

Untuk perhelatan PON XIX/2016 sendiri, tempat pertandingan (venue) cabang olahraga pun disebar di 14 kota/kabupaten. Sebagian besar venue terpusat di Kota Bandung, dan venue terjauh terdapat di Kabupaten Pangandaran yakni venue cabang olahraga berkuda nomor pacuan dan venue cabang olahraga terjun payung.

Kabupaten Ciamis merupakan satu dari 27 kota/kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Dengan luas wilayah mencapai 2.556,75 km2, Ciamis memiliki kepadatan penduduk 691,71 jiwa/km2 dengan jumlah penduduk berdasarkan sensus 2014 yakni 1.768.532 jiwa.

Kabupaten yang beribukota di Ciamis Kota ini berada di bagian tenggara Jawa Barat dan berbatasan dengan Kabupaten Majalengka serta Kabupaten Kuningan di utara, Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah) dan Kota Banjar di sebelah timur, Kabupaten Pangandaran dan Samudra Hindia di selatan, serta Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya di barat. Kabupaten Ciamis terdiri atas 30 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan.

0 件のコメント: