2014/09/04

Cilic Melaju ke Semifinal US Open

Petenis Kroasia Marin Cilic melaju ke semifinal US Open setelah mengalahkan Tomas Berdych, straight set 6-2, 6-4, 7-6 (7-4).

Kemenangan itu membuat Cilic tercatat sebagai petenis Kroasia pertama yang mencapai semifinal US Open, setelah Goran Ivanisevic pada 1996. Ivanisevic adalah pelatihnya saat ini.

Cilic terakhir mencapai semifinal Grand Slam (Australian Open 2010) empat tahunlalu. Kemenangan kali ini menjadi yang ke-6 dalam 19 kali pertemuannya dengan peringkat 10 besar dunia. Kemenangan terakhirnya dari petenis top 10 terjadi di Wimbledon tahunini, juga atas Berdych.

Dalam pertandingan ini, senjata terkuat Berdych, servis kencangnya, jarang sekali dilancarkan. Persentase keberhasilan servis pertamanya hanya 40 persen di dua set awal. Pemain Ceko yang merupakan unggulanke-6 itu tampak terbebani.

Ketinggalan sejak awal tampaknya menyulitkan Berdych untuk mengejar. Dia mengemukakan kesulitan menemukan ritmenya.

"Akumengawalinya dengan buruk. Serve-ku sangatburuksejak awal," katanya. "Pada dasarnya, ketika Anda membangun permainan dari serve, itu akan jadi sulit saat gagal melakukan
serve yang baik. Sulit untuk mencari celah dan mencoba cara lain," kata Berdych, Jumat (5/9).

Sementara Berdych terus kesulitan, Cilic yang merupakan unggulanke-14 meningkatkan permainan menyerangnya dengan 18 winner dan tujuh ace yang membuatnya unggul dua set.

Setelah itu, Berdych kembali ke pertandingannya dan bermain apik untuk menyulitkan Cilic. Servisnya membaik, sementara persentase servis Cilic malah turun hingga di bawah 50 persen. Cilic juga melakukan banyak kesalahan sehingga kesulitan menjaga keunggulannya.

Meski kesulitan, Cilic tetap mampu bertahan sampai tie break. Saat itu, ia mendapatkan keberuntungannya karena Berdych kembali melakukan kesalahan sendiri. Akhirnya ia berhasil memenangi set ketiga.

Lawan Cilic dalam pertandingansemifinal nanti menunggu pemenang laga antara Roger Federer melawan Gael Monfils.

0 件のコメント: